KENALI BATAL DAN TIDAKNYA PUASA

Di antara penyebab batalnya puasa adalah makan dan minum, berdasarkan dalil :
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْل…الاية سورة البقرة 187
Artinya : makan dan minumlah sampai jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu sampai tertib fajar shidiq, kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam (terbenamnya matahari).

Berdasarkan dalil ini maka segala sesuatu yang termasuk dalam pengertian makanan dan minuman sehingga bisa mengenyangkan perut walaupun masuknya tidak melalui mulut HUKUMNYA MEMBATALKAN PUASA, seperti memasukkan cairan yang mengandung dzat-dzat makanan (sebagai pengganti makanan dan minuman) melalui suntikan atau infus.

Adapun segala sesuatu yang masuk kedalam tubuh tidak melalui mulut dan BUKAN merupakan pengganti makanan atau minuman, maka hukumnya TIDAK MEMBATALKAN PUASA, seperti :
1. Suntikan cairan obat, contoh: suntikan obat anti biotik, analgesik (penghilang rasa sakit) atau suntikan cairan yang bukan sebagai pengganti makanan dan minuman, contoh: suntikan insulin, faksin miningitis.
2. Mengoleskan minyak angin, remason, menghirup inhaler dan sejenisnya.
3. Obat tetes mata
4. Obat semprot asma (nasal spray bronchodilator)
5. Tranfusi darah

Haqeem Travel
Jl. Haji Samali No. 72, Kalibata Jakarta Selatan
(021) 2753 1234
0811 195 9977

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

assalamualaikum Silahkan Hubungi Kami