Istilah Haji khusus furoda

Istilah Haji khusus furoda sudah tidak asing lagi dikalangan kita. Haji furoda adalah haji yang visa Hajinya diperolah melalui Undangan dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia diluar kuota visa Haji yang sudah dijatahkan kepada kemenag RI. Ketika sampai di imigrasi Jeddah, saat diperiksa visa tersebut sama dengan visa hajji di seluruh dunia jadi tidak akan dipermasalahkan oleh Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia karena visa haji kan yang mengeluarkan adalah fihak Saudi, jadi tidak mungkin dipermasalahkan sendiri.

Hanya saja, karena visa haji furoda ini didapat langsung dari Saudi tanpa melalui depag, maka dikhawatirkan munculnya orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Bila kita perhatikan kondisi social dan politik yang berkembang, bisa saja tanpa ada pemberitahuan pihak kedutaan Saudi di tanah air menolak pengajuan visa ini. Karenanya bagi penyelenggara yang bertanggung jawab biasanya siap melakukan pengembalian dana yang sudah disetor. Dan bagi jamaah yang bersangkutan dianjurkan tidak melakukan syukuran sebelum kepastian berangkat diterima dengan jelas.

Program Haji Khusus Furoda pada prinsipnya sama dengan haji khusus di seluruh dunia sama sekali tidak ada bedanya, visanya adalah visa haji sama dengan visa haji depag. Jadi tidak ada masalah mengenai jenis visanya. Hanya visa haji khusus furoda ini diperolah bukan dari kuota Depag melainkan langsung dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia.

Walaupun dalam kenyataan di lapangan, masih saja ditemui berbagai kendala pelayanan kepada jamaah haji non kuota ini namun selama pemerintah dalam hal ini Kementerian haji belum bisa memberikan solusi yang tepat maka program Haji Khusus Furoda menjadi terobosan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Haji ke tanah suci Mekkah tanpa harus antri bertahun-tahun khususnya bagi masyarakat yang sangat ingin segera berhaji karena factor umur, niat nazar, dan keinginan yang tidak bisa dibendung lebih lama.

Perbedaan antara Haji Plus Furoda dan Haji Plus Resmi

Haji Plus Furoda yaitu disebut juga dengan ongkos naik haji tidak resmi, dalam paket haji ini nama jamaah tidak tercantum di Kemenag sebagai calon Jamaah Haji dari Indonesia dan tidak juga termasuk dalam kuota yang dijatahkan oleh Kementerian Haji di Arab Saudi, serta segala fasilitas keberangkatan haji murni di fasilitasi seluruhnya oleh travel haji tersebut. Haji khusus furoda dari segi harga biasanya lebih terjangkau dibandingkan haji khusus resmi yaitu sekitar 68 juta – 79 juta rupiah saja.

Haji Plus Resmi atau disebut juga ongkos naik haji khusus resmi adalah ONH plus yang memang resmi tercatat dan masuk di Kemenag secara resmi dan legal. Kuota ini pada dasarnya adalah ditetapkan oleh Kementerian Haji dari Arab Saudi, sedangkan Kemenag Indonesia, hanya diberikan porsi untuk mengatur calon jamaah haji yang didasarkan pada kuota yang sudah disediakan. Umumnya, ongkos naik haji plus Resmi lebih mahal apabila dibandingkan dengan haji khusus furoda. Harga untuk keberangkatan haji plus resmi ini sekitar 80 juta sampai 100 juta rupiah, tergantung travel haji yang mengelola.

assalamualaikum Silahkan Hubungi Kami