Burj Khalifa Dubai

Burj Khalifa DubaiBurj Khalifa Dubai – Uni Emirat Arab tampaknya boleh berbangga dengan keberhasilan mereka mengubah semua wilayah berpasirnya menjadi sebuah negara yang maju dalam kurun waktu setengah abad. Bahkan, khusus di bidang arsitektur, Dubai sudah menegaskan kemajuannya dengan membangun sebuah gedung pencakar langit yang dinamakan Burj Khalifa.

Resmi dibuka pada 4 Januari 2010, bangunan berisi 160 lantai ini didaulat oleh Wikipedia sebagai salah satu geudng tertinggi di dunia buatan manusia. Segala kehebatan arsitektur yang menjadi penyusun Burj Khalifa juga membuatnya terkenal akan 10 fakta menarik tentangnya. Inilah sepuluh fakta menarik itu:

  1. Dengan ketinggian 868 meter Burj Khalifa bisa dikatakan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.
  2. Burj Khalifa telah memecahkan beberapa rekor sekaligus, yaitu sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, dek observasi outdoor tertinggi di dunia, serta lift berjarak terjauh di dunia.
  3. Catatan arsitektur Burj Khalifa menyatakan bahwa berat beton yang digunakan untuk membangun gedung tersebut setara 100.000 gajah. Adapun jumlah baja untuk strukturnya setara banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380.
  4. Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.
  5. Bangunan ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction.
  6. Pembangunan Burj Khalifa menghabiskan biaya yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar 1,5 miliar dollar AS.
  7. Dalam proses pengerjaan konstruksinya, sekitar 12.000 pekerja dikerahkan untuk melaksanakan proyek tersebut.
  8. Begitu tingginya Burj Khalifa hingga ujung bangunannya dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.
  9. Awalnya, bangunan ini dinamakan Burj Dubai, namun kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.
  10. Burj Khalifa dilengkapi dengan 54 lift dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة yang berarti ‘Menara Khalifa’), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

Untuk konsultasi Umroh Plus Dubai silahkan langsung menghubungi :
Haqeem Travel
Jl. Haji Samali No. 72, Kalibata Jakarta Selatan
(021) 2753 1234
0811 195 9977

assalamualaikum Silahkan Hubungi Kami